Jumat, 24 Agustus 2012

Lupa = Saat dimana kamu membutuhkan kantong Doraemon (Part 2)


Yap, makin diinget-inget makin aneh-aneh aja insiden kelupaan sesuatu yang pernah aku alamin sampe sekarang. Coba aja kalo kantong doraemon tu dari dulu-dulu dijual dimana-mana dan sama banyaknya kaya orang jualan rokok. Masalah jalan kaki hujan-hujan 5 kilometer bisa selesai dalam waktu kurang dari 5 detik pake pintu kemana saja. Simpel!
Beberapa kelalaian atau lebih tepatnya kebodohan lain yang pernah aku rasain adalah sebagai berikut ... :)

1. Hari kamis sore pukul setengah lima adalah saatnya kuliah bahasa inggris pada semester itu. Mandi udah, makan siang udah, tinggal beres-beres dan manasin motor buat kekampus. Tak disangka, tak dinyana, tidak ada logika, tiba-tiba turun ujan deres banget. Gak lama kemudian air udah menggenang. Ga mungkin kekampus dengan situasi kaya gini.
Akhirnya aku lipet celana panjang jadi selutut, pake jas ujan, sendal jepit, dan rencananya sepatu aku masukin plastik di dalem tas. Tanpa mikir macem-macem lagi akhirnya perjalanan 1,5 kilometer menerobos hujan deras aku lalui sambil berkata dalem hati "tungguu akuuu Bapak Doseeenn!! Akuu dataaaangg."
Setelah sampe parkiran, masih ada 15 menit sebelum kelas mulai. Bisa untuk siap-siap dulu pikirku. Dengan keadaan make sendal jepit & celana kaya orang kebanjiran aku berlari-lari kecil menuju kampus. Setelah sampai disamping gedung kampus, aku mau ganti sendal yang aku pake dengan sepatu yang aku simpan di tas. Setelah ngebuka tas, yang ada di dalem tas cuma binder sama kotak pensil. "Ohh, aku gantung dimotor berarti", pikirku saat itu. Ternyata di motorpun ga ada sepatuku disana. Yang berarti aku kekampus ga bawa sepatu. Ga ada orang dirumah. Sedangkan ga pake sepatu itu ga boleh ikut kuliah. "SHIIIIITTT!!! Gebleeekk Luuu Tiiooo!!" *jedotin pantat ke tembok (kalo kepala sakit)*. Sekali lagi, andai ada pintu kemana saja atau mesin waktu, masalah selesai! Akhirnya pada pertemuan waktu itu, aku tetep bisa ikut kuliah. Bersyukur ada teknologi bernama henpon :)

2. Beberapa minggu lalu aku nginep di rumah salah satu om di Tangerang. Sore itu aku sedang menikmati permen karet saat kemudian tiba giliranku mandi sebelum mau pergi jalan-jalan. Karena ga ada tempat sampah di dalem kamar mandi akhirnya aku tempelin dulu tuh permen karet ke tembok waktu aku mau sikat gigi (jangan ditiru!!!), dengan maksud langsung mau aku buang habis selesai mandi nanti. Tidak lama kemudian giliran omku yang mandi. "Koq ada permen karet nempel di kamar mandi ya ini??!!" Yap, aku lupa sama permen karet yang tadi aku tempel ditembok. Mau ditaruh dimana ini muka?

3. Beberapa bulan lalu sebelum ke kampus aku sempet mau ngisi bensin motor dulu. Setelah ngantri, giliranku tiba. Kunci motor aku bawa di tangan kanan. Karena mau ngebuka tutup tangki bensin, kunci motor sementara aku taruh di bagasi motor di bawah jok. "Dari nol ya Mas" suara  petugas disana memberitahukan. Sepintas tidak ada yang aneh, tidak ada tanda-tanda akan ada malapetaka, hidup begitu damainya berputar. Setelah aku membayar, aku lalu menutup tangki bensin, aku tutup jok motor. Aku ngeliat ke arah stang motor dan ke arah kunci jok motor. "Kenapa kunci motorku ga ada yaa?" gumamku saat itu. Bodoh bukan?

Dari sekian lama perenunganku ini, masalah kelupaan tidak bisa dipisahkan dari kata kecerobohan. Ceroboh   disebabkan kurang/tidak hati-hati. Kurang hati-hati kadang disebabkan karena meremehkan atau kurang berpikir panjang. Dan semuanya kembali ke kebiasaan kita sehari-hari. Apabila kita terbiasa untuk selalu berpikir kedepan mengenai resiko-resiko apa saja yang bisa terjadi ketika kita melakukan suatu hal, maka tentunya kita tidak akan mudah melakukan hal-hal sembrono yang berujung pada kesialan nantinya.
Semakin kita beranjak dewasa pola pikir kita akan berubah dan mengerti bahwa untuk meraih suatu hal ga ada jalan yang bener-bener praktis semudah ngambil alat di kantong doraemon. Begitu beruntungnya Nobita saat itu bisa didatengin oleh mesin yang dewa banget. Tapi karena sarana yang dipunyainya itulah dia jadi terbiasa untuk mengambil jalan pintas, memaksa untuk pinjam alat milik Doraemon tanpa mau berjuang terlebih dahulu. Akhirnya tngkah lakunya pun tidak berkembang, tidak bisa dewasa. Buktinya dari dulu aku belum sekolah sampe sekarang udah kuliah, Nobita masih teteeeeeeeeeeeeppp aja kelas 4 SD. #namanyajugakartun
Di dunia nyata waktu ga bisa diulang-ulang, gabisa pindah-pindah tempat dalam sekejap, ga ada pensil komputer, mesin pencabut bulu ketek ato apa itulah. Semuanya harus pake usaha dan apa resiko yang kamu dapet adalah bener-bener dari hasil apa yang kamu lakuin sebelumnya. Yap, semakin kita tua kita bakalan semakin kehilangan indahnya dunia imajinasi anak-anak, dimana masih banyak hal-hal ajaib diluar nalar. Hidup menjadi semakin keras dan penuh persaingan. 
Kabar baiknya adalah kartun Doraemon masih sering tampil di TV *lhoo
Cheers!!











Source image: kawaiikakkoiisugoi.com

Tidak ada komentar: